Nabi Khidir Masih Hidup ?


ABSTRAKSI
Miftahul Khaer. Keberadaan Khidr as. Sebuah Misteri: Kajian Riwayat-Riwayat Khidr as. dalam Hadîš.

Di kalangan umat Islam terdapat beberapa golongan yang belum mengetahui siapa sebenarnya Khidr as. dan bahkan di antara mereka ada yang pengetahuannya tentang Khidr as. itu masih rancu dan cenderung menyimpang. Mungkin karena kurang lengkapnya sejarah hidup Khidr as. yang sampai kepada kita, akhirnya muncul banyak versi tambahan di kalangan masyarakat Islam.
Penelitian ini bertolak dari banyaknya asumsi masyarakat dan para ulama tentang Khidr as. yang karena keberagaman tersebut sehingga berkembang cerita-cerita tentangnya yang terkesan berlebihan dan dibuat-buat, atau dapat dikatakan sebagai materi cerita yang berbau takhayul dan mitos. Di samping itu, muncul kebingungan terhadap kebenaran sosok Khidr as., terutama bagi golongan awam. Oleh karena itu, untuk mengungkap hal tersebut diperlukan penelitian—setidaknya—melalui kajian riwayat-riwayat dalam hadîš yang berkenaan dengan Khidr as.
Tujuan penelitian ini untuk mengungkap secara kritis misteri tentang Khidr as. melalui penelusuran riwayat-riwayat dan hadîš-hadîš tentangnya sekaligus untuk mengetahui kualitas masing-masing riwayat tersebut berdasarkan penuturan para ulama yang kompeten di bidangnya, serta hasil kajian ini diharapkan dapat menetralisir kesimpangsiuran pendapat-pendapat yang diyakini kaum muslimin saat ini.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, data yang ditemukan menunjukkan bahwa banyak sekali riwayat dan hadîš tentang Khidr as. yang lemah dan tidak dapat diakui kebenarannya, terutama cerita-cerita pertemuan Khidr as. dengan orang-orang selain Mûsâ as. dan berita keabadian hidup Khidr as. Hal ini dikarenakan di dalam setiap riwayat dan hadîš tersebut terdapat seorang atau beberapa periwayat yang tidak dikenal serta tidak diakui kualitasnya oleh para ulama ahli hadîš. Meskipun ada beberapa hadîš yang dapat dijadikan hujjah, tetapi itu hanyalah hadîš-hadîš yang menjelaskan pertemuan Mûsâ as. dengan Khidr as., yakni penafsiran terhadap al Qur’ân surat al Kahfi ayat 60 – 82.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cerita-cerita yang berkembang dalam masyarakat muslim adalah tidak benar, terutama ketika membicarakan bahwa Khidr as. hidup kekal sampai hari kiamat nanti. Walaupun tidak ada riwayat yang pasti kapan dan di mana Khidr as. meninggal, tetapi berdasarkan kajian riwayat-riwayat dan hadîš-hadîš tentangnya dapat dikatakan bahwa Khidr as. tidak hidup abadi sebagaimana keyakinan mayoritas kaum muslimin, khususnya umat Islam Indonesia.
Ingin mengetahui lebih lanjut ? Hubungi kami di mif19.tea@gmail.com
This entry was posted in Hadis, Skripsi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s