Meningkatkan Kecepatan Membaca Anda


Di perguruan tinggi, membaca adalah pekerjaan yang mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap harus dilakukan.  Begitu banyak yang harus dibaca mahasiswa sehingga banyak mahasiswa yang merasa kewalahan menyelesaikannya.  Mau tahu solusinya?  Silahkan baca terus artikel ini.

Mengapa mahasiswa harus banyak membaca?

Karena mahasiswa masuk ke perguruan tinggi itu untuk mencari pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman.  Mereka bahkan bersedia membayar cukup banyak untuk memperoleh kedua hal itu.  Karena sebagian besar pengetahuan itu ada di buku atau artikel atau makalah, maka, untuk memperoleh pengetahuan itu, mahasiswa harus banyak membaca.  Masalahnya, di zaman informasi seperti sekarang ini, ada begitu banyak informasi yang perlu dibaca.  Dosen pun kini memberikan bahan bacaan yang banyak dan bermacam-macam.  Bagaimana caranya agar kita dapat membaca semua informasi itu dan tetap mempunyai waktu untuk menikmati hidup ini?Karena waktu dalam sehari itu tetap 24 jam, kalau kita memperbanyak waktu untuk membaca, kita akan harus mengurangi waktu untuk menikmati hidup ini.  Demikian pula sebaliknya.  Oleh karena itu, tidak ada cara lain kecuali mempercepat cara membaca kita agar, dalam waktu yang singkat, kita memperoleh pengetahuan yang banyak.  Istilah kerennya, membaca secara efisien.

Namun, tentu saja kita tidak ingin membaca lebih cepat tetapi tetap tidak memahami isi apa yang kita baca.  Tujuan kita bukan sekedar menyelesaikan (mengkhatamkan) buku, melainkan memahami isinya.  Berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat kita gunakan untuk mempercepat cara membaca kita tanpa kehilangan pemahaman isinya.  Istilah kerennya ‘speed reading’.

  1. SkimSkim adalah kata Bahasa Inggris yang berarti (dalam konteks ini) membaca secara cepat dan tidak mendalam.  Ini biasanya dilakukan sebelum membaca bahan itu secara cermat.  Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran tentang garis besa dan hal-hal pokok yang dibahas dalam bahan bacaan itu.  Biasanya cara membaca sekilas ini dilakukan dengan membaca daftar isi, membaca judul dan sub-judul di setiap bab, dan membaca kalimat pertama dan teakhir dalam setiap paragraf sebelum membaca teks utamanya.  Dengan demikian, dalam waktu yang singkat Anda dapat mengetahui isi bahan bacaan itu secara umum..
  2. Menetapkan prioritas.  Cara lain untuk mempercepat cara membaca adalah dengan menetapkan prioritas pada bahan bacaan itu.  Ketika membaca sepintas (skim), Anda menetapkan mana materi yang paling penting, penting, kurang penting, sangat tidak penting sehingga, ketika Anda membaca bahan itu lagi, Anda bisa memusatkan perhatian pada hal-hal yang paling penting dan penting serta tidak menghabiskana waktu membaca hal-hal yang kurang penting.  Pada waktu membaca sepintas itupun Anda sudah dapat mengabaikan hal-hal yang Anda anggap tidak penting atautidak relevan itu.
  3. Jangan membaca sambil tiduran di tempat tidur.  Anda akan cepat mengantuk dan bacaan Anda tidak efektif (kecuali kalau bahan bacaan itu tidak penting dan Anda memang ingin sebera mengantuk).  Bacalah buku yang serius sambil duduk.
  4. Bacalah di waktu pagi hari ketika badan Anda masih terasa segar.  Ini akan menambah konsentrasi membaca dan Anda akan lebih cepat memahami apa yang Anda baca.
  5. Anggaplah judul dan sub-judul dalam bahan bacaan itu sebagai pertanyaan yang perlu Anda jawab.  Ubahlah judul atau sub-judul itu menjadi kalimat Tanya dan carilah jawabannya dalam teks yang berada di bawah judul atau sub-judul itu.  Cara ini akan membuat Anda semakin fokus dan mempecepat cara membaca Anda.
  6. Ada orang yang mengatakan bahwa menandai bacaan (menggaris-bawahi atau menandai dengan highliter) dapat memperlambat kecepatan membaca Anda.  Anda memerlukan waktu untuk memilih mana yang perlu ditandai dan juga waktu untuk menandainya.  Kalau bahan itu bukan bahan ujian yang bagian-bagian tertentunya perlu Anda ingat, sebaiknya memang Anda tidak usah menandai teks tersebut.  Lakukan penandaan ketika Anda mempelajari bahan yang diperlukan untuk ujian atau keperluan menulis.

Penutup:  Membaca cepat amat diperlukan di zaman informasi ini.  Begitu banyak informasi bagus yang perlu kita ketahui dan, kalau kita bisa membaca lebih cepat, kita akan memperoleh lebih banyak pengetahuan.

Artikel ini diambil dari : http://www.pendidikanislam.net/

This entry was posted in Informasi, Pemikiran, Pendidikan, Resensi Buku and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s